MAKANAN KHAS BANJARNEGARA

Banjarnegara memiliki beragam makanan khas, tetapi yang paling mudah ditemukan dan sangat digemari masyarakat banjarnegara diantaranya;

1. Dawet Ayu Banjarnegara
Dawet ayu merupakan jenis minuman yang terdiri dari cendol berwarna hijau, gula merah kental biasanya diberi campuran durian atau nangka, air santan, bisa ditambahkan es batu.



2. Salak
Salak di Banjarnegara ada dua jenis yaitu salak pondoh dan salak lokal, untuk salak pondoh pada umumnya rasanya manis sedangkan salak lokal ada rasa sepet, kecut dan manis.


 3. Mendoan
Untuk makanan yang satu ini merupakan camilan yang bisa bikin kenyang, karena terbuat dari tempe yang lebar yang diselimuti tepung terigi+beras yang tebal, kemudia digoreng setengah matang/ tidak sampai kering sehingga lembek (mendo). Paling enak disantap sewaktu masih hangat dengan nyeplus lombok cengis (makan cabe rawit).

4. Bakso
Bakso sebenarnya bukan asli Banjarnegara, tetapi bakso Banjarnegara memiliki rasa yang khas yang tidak dimiliki bakso dari daerah lain. Bakso Banjarnegara terdiri dari campuran yang beragam, mulai dari baksonya, tetelan daging, lemak, mi bihun, mi kuning, seledri, balungan sapi, gorengan bawang merah dan biasanya ditambahkan ketupat sebagai pelengkap

5. Combro
Combro ada dua jenis yaiti ada yang kering dan yang basah tetapi sama-sama terbuat dari singkong.

1 komentar:

crew child mengatakan...

enaaaak tenaaann,...

Poskan Komentar